Senin, 16 Januari 2012

Mimosa


Ada yang tahu tentang Mimosa kah?
ehm..aku juga sebenarnya ngga tau, aku tau aja dari blog seseorang waktu googling.. Kalau kalian penasaran kayak aku, nih aku kasi tahu sedikit tentang Mimosa..


Mimosa adalah tanaman abadi yang tumbuh dari Australia mencapai ketinggian lebih tinggi dari 20 meter. Bunga ini merupakan tanaman asli Australia dan telah diimpor selama berabad-abad menuju daerah Mediterania dan Italia.


Penggunaan mimosa sebagai hari perayaan perempuan hanya dikarenakan adanya fakta bahwa tanaman ini menghasilkan bunga yang melimpah di saat terlambatnya musim dingin yang mana bertepatan dengan Hari Perempuan pada 8 Maret.

Morfologi mimosa

Mimosa memiliki akar yang dangkal sehingga  membutuhkan alat untuk membantunya untuk tumbuh tegak. Batangnya berkulit kayu halus dengan warna hijau keabu-abuan. Cabang-cabang tegaknya ditutupi rambut lebat yang menggantung hijau. Bunga-bunga berkumpul dalam kelompok warna kuning yang indah dan lembut ketika disentuh. Mimosa dipangkas setiap tahun saat masih muda. Hal ini untuk mendorong munculnya tanaman baru atau untuk memberikan bentuk yang harmonis di pucuk sehingga terlihat tebal. Selain itu, dibutuhkan pemangkasan cabang mati dan rusak karena dikhawatirkan adanya beberapa penyakit jamur dan hama yang akan menyerangnya. Pembungaan mimosa dapat berlangsung beberapa minggu. Pada hari pertama agak panjang dan tidak terlalu dingin (dari Januari sampai Maret), dan berada di tempat-tempat dengan musim dingin ringan. Bunga mimosa muncul di awal Januari, sementara paling indah berbunga saat paruh kedua Februari.


Budidaya jenis semak mimosa memerlukan iklim ringan untuk ditanam outdoor. Tetapi tidak menutup kemungkinan ditanam di dalam ruangan seperti di rumah kaca untuk menghindari es saat terjadinya musim dingin yang berkepanjangan. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh dengan menggunakan media berbatu atau berpasir. Namun, akan lebih baik lagi tumbuh dengan media tanam yang kaya dengan pupuk organik dan dicampur dengan sedikit batu apung untuk memperlancar aerasi dalam tanah. Tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur dan sering, untuk menjaga tanah agar selalu lembab. Pada bulan Maret sampai Oktober penyiraman akan sangat sering dan mengintensifkan dalam penyiramannya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan saat bulan-bulan hangat (summer). Selama musim gugur dan musim dingin penyiraman bukannya tidak dilakukan sama sekali, hanya saja disarankan untuk memeriksa tanah di dekat pohon agar tetap stabil. Mimosa diberi pengairan yang cukup, khususnya saat bulan hangat, untuk mencegah mimosa dari kekeringan. Akan tetapi, di musim dingin difokuskan untuk penumbuhan tanaman baru. Seperti disebutkan sebelumnya, jika perawatan mimosa harus dipangkas setelah berbunga, meskipun sebenarnya mimosa yang ditanam di tanah biasa bisa tumbuh dan dibiarkan tumbuh tanpa pemangkasan.  Berbeda dengan mimosa yang  ditanam di dalam pot yang mana pemangkasan dimaksudkan untuk menghindari adanya semak kosong dibagian bawah laras. Tanaman ini cukup resisten atau tahan penyakit, namun kadang-kadang diserang oleh kutu daun atau tungau. Untuk mencegah kehadiran parasit, bisa dengan dedaunan yang  biasanya berkabut dengan sabun lembut dan air. Ingat bahwa perlu adanya penambahan nutrisi dalam tanah saat kita mengembangkan mimosa. Untuk tanaman yang ditempatkan di tanah langsung pada saat musim dingin nantinya akan memperlambat rilis pupuk granular, dan cara efektifnya yaitu dengan menggali tanah sedikit. Sebaliknya, pohon-pohon mimosa yang ditanam di dalam pot dapat memberikan pupuk untuk tanaman berbunga, setiap 12-15 hari, dari bulan Maret sampai Oktober, dicampur dengan air untuk penyiraman.



Jadi mimosa merupakan tanaman yang umum dikenal sebagai mimosa sebenarnya spesimen dari genus akasia. Namun, ada biasanya disebut mimosa. Penelitian secara mendalam terhadap tanaman pada tingkat sel telah memungkinkan kita untuk memahami bagaimana pengklasifikasi milik genus Akasia Dealbata Acacia, sementara beberapa tanaman masih milik genus mimosa. Secara visual, tanaman tersebut memiliki banyak unsur yang sama: misalnya, baik akasia yang dealbata, keduanya memiliki daun yang mirip, seperti daun yang seperti jarum. Sebagian besar tanaman milik Mimosa genus berasal dari Amerika, seperti semak cemara atau pohon kecil dan ditandai khusus pada musim semi dengan berbunga.




Aku akan menceritakan sejarah sedikit tentang bunga yang indah ini.
Anda tahu bahwa pada tahun 1946 kebiasaan memberikan setangkai mimosa selama Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret. Pada kenyataannya, di Amerika Serikat pemberian bunga dilakukan pada tanggal 3 Mei 1908 pada saat pertemuan perempuan sosialis. Hanya pada tahun 1921 disatukan ke tanggal 8 Maret. Dalam memori dari manifestasi pertama dari pekerja St Petersburg melawan rezim Tsar, yang terjadi di tahun 1917. Sebaliknya, secara mitologis rahasianya terletak pada kenyataan bahwa Freemasonry memilih bunga Akasia sebagai simbol mereka sendiri untuk memotivasi terkait dengan penampilannya yang kuat dan lembut, yang tidak pernah layu selama musim tetapi selalu diperbarui.
Sebagai tambahan, bila dilihat sekilas mimosa ini di Indonesia lebih mirip seperti bunganya daun putri malu.. iya kan? Ya memang, karena Putri malu-nya Indonesia ini (Mimosa Pudica) masih satu genus ma Mimosa "bule" ini.




5 komentar:

  1. tanaman abadi? how about edelweis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "tanaman" abadi ini maksudnya karena tanaman ini bertahan atau mulai hidup saat jamannya james cook hingga sekarang. kalau edelweis sendiri dikatakan "bunga" abadi karena bunganya itu bisa survive dan revegetasi dalam habitatnya..

      sesungguhnya ngga ada tanaman atau bunga abadi dalam pengertian sesungguhnya, kalo pun ada itu adalah tanaman/bunga plastik...

      Hapus
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  3. Mimosa bukannya juga memiliki misteri tersendiri oleh gadis Eropa yg sangat menyukainya ?

    BalasHapus
  4. Dikampung banyak pohon mimosa

    BalasHapus

jaga etika dalam berbagi..oke :)

waktu