Kamis, 19 Januari 2012

Alat Transportasi Murah Tapi Bergaya

Siapa sih yang ngga kenal gambar di bawah ini?

Pasti udah pada tahu semua..



Kenapa aku nulis tentang sepeda? Karena tadi pagi aku terinspirasi sama "mbah-mbah" yang lagi naik sepeda. Entah kenapa malu rasanya lihat beliau masih sehat meskipun umur tua tapi tetep "ngengkol" sepeda, sedangkan aku, malah naik motor padahal jelas-jelas umur masih muda aku..hehe

Sedikit aku mencari tahu tentang sejarah sepeda. Berikut cerita selengkapnya, monggo disimak... 

Menurut sejarah, asal-usul sepeda berasal dari Perancis. Negeri itu sudah mengenal sejak awal abad ke-18, yang mana alat transportasi roda dua tersebut dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan roda dua. 

Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai pegawai kehutanan ia memerlukan sarana transportasi yang punya mobilitas tinggi. Tapi model yang dikembangkan masih mendua antara bentuk sepeda dan kereta kuda. Maka disebut sebagai dandy horse. Sedangkan pada tahun 1855 seorang Perancis bernama Ernest Michaux, berusaha melakukan penyempurnaan sepeda dengan membuat pemberat engkol, agar laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Perancis lainnya bernama Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekeliling roda yang sekarang biasa disebut velg. Lallement juga memperkenalkan sepeda dengan bentuk roda depan lebih besar dari yang belakang. Ada seorang Jerman bernama Baron Karls Drais Von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai penyempurna velocipede atau sepeda untuk sebutan jaman sekarang. 

Velg, sebutan sepeda yang dibuat Lallement

jeng... jeng...

Sepeda di abad 20

Sepeda jaman sekarang udah jauh berbeda dengan sepeda orang-orang jaman dulu. Tapi tetep aja menurutku yang namanya sepeda ya tetep di kayuh. Selain itu udah banyak pilihan tipe-tipe sepeda dengan harga murah sampai mahal pun tersedia, tinggal pilih aja. 

Berikut beberapa tipe sepeda yang aku ketahui :



sepeda gunung - mountain bike

sepeda lipat

sepeda lowrider

sepeda "onthel"


sepeda balap

sepeda tandem - sepeda yang memiliki sadel dan kayuh lebih dari satu 

sepeda BMX/bike moto-cross - banyak digunakan untuk atraksi 

new trend - sepeda fixie (sepeda mahal tak ber"rem")

sepeda roda satu - sepedanya pemain sirkus

sepeda roda 3

sepeda jepang


mau tahu sepeda dimasa depan, ya beginini modelnya





Ada juga yang lagi populer dan ramah lingkungan bahannya

sepeda "Bambu"


Sebenernya sih bukan masalah tipe atau harga, tapi dampak yang dirasakan ketika bersepeda itu jauh lebih nikmat. Keringat dan sehat. Yup, bener. Dua kata ajaib itu merupakan kenikmatan yang didapat saat kita bersepeda. Selain itu sepeda juga ramah lingkungan dan tidak memakan tempat. Jadi ngga memerlukan space yang berlebihan kayak mobil. Bener kan?

Sebagai tambahan, aku dapet info kalo ada sepeda yang harganya sampek 1M. Busyeet dah.. Sepeda aja sampek 1M?? Mahal amat... Ya ini kenyataan dan beneran ada lho. Sepeda buatan "Aurumania" ini berharga 1 M karena sepeda ini di lapisi emas 24 karat dan di taburi kristal swarovski sebanyak 600 butir selain itu sepeda ini juga hanya ada 10 buah aja di dunia. 

ini dia, sepeda 1M
berminat? 


mau lihat macam-macam sepeda "termahal" di dunia, buka aja http://lukevery.blogspot.com/2011/03/10-sepeda-termahal-di-dunia.html di jamin puas lihatin sambil geleng-geleng kepala..ahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jaga etika dalam berbagi..oke :)

waktu